Latest News

Wikileaks Bocornya Dokumen Rahasia Indonesia

Senin, 06 Desember 2010 , Posted by beye at 18.53

Wikileaks adalah sebuah situs dari sebuah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaksmenerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Dan berita yang mengejutkan baru – baru ini terungkap bahwa ada sekitar 3.000 dokumen yang berkaitan dengan Indonesia bocor di situs Wikileaks. Dokumen-dokumen tersebut dikatakan berasal dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia.
Dokumen yang di muat di situs wikileaks tersebut membocorkan hal – hal yang cukup sensitif. Sejumlah isu tersebut antara lain diduga terkait lepasnya Timor-Timur dari Indonesia dan pemilihan Presiden pada 2004.
wikileaks situs
Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan sudah menugaskan tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengumpulkan informasi. Tim ini baru dalam tahap awal dan akan melaporkan hasilnya kepada Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto.
Selain memuat dokumen rahasia indonesia situs wikileaks juga mengungkap Dokumen Rahasia Perang Afganistan. terungkap kegagalan AS dalam perang di Afganistan. Laporan ini menunjukkan bagaimana pasukan koalisi telah menewaskan ratusan warga sipil dalam berbagai insiden namun tidak dilaporkan. Tidak hanya itu, serangan Taliban ternyata telah ‘dibesar-besarkan’. Disebutkan adanya ketakutan komandan NATO atas keberadaan Pakistan dan Iran yang memicu pemberontakan.
Dokumen ini menunjukkan adanya unit operasi rahasia khusus Task Force 373 guna menyerang pihak pemberontak dan teroris tingkat tinggi. Beberapa penggebrekan telah membunuh warga sipil Afganistan, namun lagi-lagi dirahasiakan.
Beberapa orang yang telah dibunuh adalah Agha Shah, seorang agen intelijen yang tewas bersama 4 orang lainnya pada bulan Juni 2009. Pihak lain adalah Abu Laith Al-Libi yang merupakan komandan senior militer Al-Qaeda. Al-Libi berada di perbatasan Mir Ali, Pakistan. Wilayah ini menjadi tempat persembunyian beberapa pemimpin senior Al-Qaeda.
Akibat munculnya polemik wikileaks ini masyarakat indonesia sekarang menunggu sikap pemerintah apakah pemerintah akan melakukan klarifikasi terhadap isu-isu yang dibocorkan di situs WikiLeaks.
kaskus.us

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails