Latest News

Ternyata Makan 4 Butir Apel Sehari Dapat Merusak Gigi

Senin, 10 Oktober 2011 , Posted by beye at 09.20






APEL merupakan buah yang cukup mudah didapat. Rasanya yang manis dan segar cocok dijadikan kudapan langsung, atau sebagai jus, salad, bahkan cake. Selain memiliki rasa yang enak, apel juga memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.

Namun berdasarkan penelitian terbaru menyebutkan, makan empat butir apel sehari bisa merusak gigi dibandingkan dengan minuman berkarbonasi.

Anggur dan bir juga meningkatkan risiko kerusakan gigi, lebih tinggi daripada acar bawang dan jeruk yang dikonsumsi. Tapi, apel lebih tinggi unsur karbonasinya.

"Hal ini tidak hanya tentang apa yang kita makan, tapi bagaimana kita memakannya," kata pemimpin penelitian Profesor David Bartlett, kepala prostodontik di King s College London Dental Institute, yang dikutip dari Dailymail, Minggu (9/10/2011).

Dokter mengatakan bahwa apel merupakan makan yang baik, tetapi jika Anda memakannya secara perlahan-lahan tingkat keasaman yang tinggi dapat merusak gigi Anda.

Sementara minuman yang paling sering dikaitkan dengan diet erosi, terutama cola, tidak menunjukkan peningkatan risiko tersebut.

Hasil menekankan, bahwa nasihat diet harus ditargetkan pada asam kuat daripada beberapa jenis minuman ringan yang biasa dikonsumsi.

Dalam studi baru, para peneliti mencari hubungan antara keausan gigi di beberapa kasus mulut, dan diet yang dilakukan lebih dari 1.000 pria dan wanita berusia 18 hingga 30 tahun.

Mereka mencari kerusakan pada permukaan enamel gigi sebesar 2 mm, dan pada dentin, struktur pendukung utama dari gigi bawah enamel, dan membandingkan dengan cara dietnya.

Orang yang makan apel 3,7 kali lebih mungkin mengalami kerusakan dentin, sementara konsumen minuman berkarbonasi tidak memiliki risiko tambahan.

Jus buah meningkatkan kemungkinan kerusakan enamel di sekitar bagian atas gigi dekat gusi empat kali lipat, sementara bir yang asam, mengangkat kemungkinan kerusakan dentin tiga kali lipat.

Beberapa apel mengandung sebanyak empat sendok teh gula yang memberikan kontribusi untuk kadar asam di mulut.

Dr Glenys Jones, ahli gizi di unit Medical Research Council's Human Nutrition Research, mengatakan, "Buah bisa asam dan jelas tidak memiliki kadar gula tapi saya tidak ingin orang menjadi putus asa dengan mengonsumsi buah dan jus buah."

Salah satu saran adalah, makan apel dengan susu atau sepotong keju yang mengandung kalsium baik untuk menetralkan asam. Minum air segera setelah makan apel juga akan membantu menghilangkan efek berbahaya.

Dr Jones menambahkan, "Minum jus buah dan smoothie dengan sedotan adalah cara untuk melindungi gigi Anda. Menyikat gigi sebelum makan makanan asam juga dapat membantu karena memberikan penghalang antara makanan dan gigi."




okezone.com

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails