Polisi jalan raya Amerika Serikat memang terkenal dengan aksi kejar-kejaran dengan penjahat yang melanggar lalu lintas atau melakukan tindak kriminal lainnya.

Nah kini penjahat-penjahat itu setidaknya harus lihat-lihat dulu dengan mobil ini sebelum melakukan kejahatan. Mobil polisi terbaru ini sangat canggih dan sekaligus ramah lingkungan.


Seperti dikutip dari autoevolution, Rabu (24/3/2010) kepolisian jalan raya Amerika Serikat akan diperkuat dengan mobil dari Carbon Motors Corp yakni E7.

BMW rencananya akan menyuplai mobil itu dengan 240.000 unit mesin diesel, sistem pendingin dan gas buang. Mobil khusus polisi Carbon E7 nantinya akan menggunakan transmisi otomatis 6-speed.

Mesin V6 diesel turbocharged terdiri dari enam silinder bertenaga 245 hp dan torsi 542 Nm.

Tidak hanya sangar dalam mengejar penjahat, mesin tersebut juga diklaim sangat ramah lingkungan serta hemat bahan bakar hingga 40 persen dibandingkan mesin bensin.

Untuk memperjelas kerjasama itu, Pemerintah dan Keamanan AS di Washington telah menandatangani kontrak kerjasama baru dengan Carbon Motors dan BMW AG untuk pengadaan beberapa unit mobil kepolisian.


“Kami mengumumkan perluasan kerjasama ini dengan mitra bisnis dan melanjutkan kerjasama kami selami ini. Dan saya harap yang lainnya akan mengikuti,” ucap Manajemen BMW AG Ian Robertson.

Sebelumnya polisi jalan raya AS disuport oleh Ford dengan Ford Police Interceptor dan Chevrolet (Impala dan Dodge Charger).

Sementara General Motors akan menyediakan Chevrolet Caprice yang diambil dari basis Holden di Australia.

autoevolution