Latest News

Ikaros, Kapal Pesiar Luar Angkasa Jepang

Sabtu, 01 Mei 2010 , Posted by beye at 23.08

Kapal Pesiar


Sebuah kabar menarik datang dari Jepang. Mereka sedang mengembangkan sebuah kendaraan baru yang dapat menjelajahi luar angkasa. Bedanya, bukan hanya astronot yang ada di dalamnya, tetapi orang awam yang ingin merasakan terbang ke luar angkasa pun dapat menumpanginya. Hebatnya, ‘kapal pesiar’ luar angkasa ini memanfaatkan tenaga matahari.

Pesawat tersebut akan diterbangkan untuk pertama kalinya menggunakan roket dari pusat peluncuran pesawat luar angkasa Tanegashima di Jepang pada tanggal 18 mei 2010.

‘Ikaros merupakan ‘kapal pesiar’ yang mendapatkan tenaga dari tekanan partikel matahari yang memantulkan layarnya,” kata ahli sistem luar angkasa Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Yuichi Tsuda, seperti dikutip dari The Strait Times.

Layar Ikaros lebih tipis dari rambut manusia dan dilengkapi dengan lapisan film tipis sel surya yang menghasilkan listrik untuk menciptakan teknologi listrik dan tekanan hibrida. ”Layar matahari merupakan teknologi yang merealisasikan perjalanan luar angkasa tanpa bahan bakar, selama masih ada tenaga matahari. Ketersediaan listrik memungkinkan kita untuk ‘berlayar’ lebih jauh dan efektif dalam sistem surya,” terang Tsuda.

Pengembangan ‘kapal pesiar’ Ikaros ini memakan dana sebesar 1,5 miliar yen dan merupakan yang pertama menggunakan teknologi di luar angkasa.

sumber The Strait Times

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails