Latest News

Cara Membuat Antena untuk Menangkap Hotspot

Sabtu, 29 Mei 2010 , Posted by beye at 19.49


Berbagai cara dilakukan oleh para penggila wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan gain sinyal perangkat wifi mereka untuk menambah tangkapan sinyal dari akses point ataupun hotspot. Hal ini dilakukan pada umumnya untuk dapat terus menggunakan akses internet maupun sumber daya jaringan lain yang terhubung dengan akses point atau hotspot tersebut. Kualitas tangkapan sinyal dari sebuah perangkat wifi pada arsitektur 802.11 a/b/g atau n dalam menangkap sinyal wifi dari pancaran sebuah akses point atau hotspot pada umumnya dibatasi oleh beberapa hal. Faktor jarak yang relatif jauh dan juga factor hambatan lain seperti pemasangan sebuah hotspot yang tidak benar pada ruangan gedung yang tidak terjangkau juga menjadi salah satu sebab berkurangnya kualitas tangkapan sinyal pada perangkat wifi di komputer anda.
Beberapa alat tambahan dibuat dan dijual secara komersil oleh produsen perangkat wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan sinyal perangkat wifi standar. Namun karena beberapa faktor seperti harganya yang cukup mahal membuat perangkat tersebut kurang begitu diminati oleh para konsumennya. Salah satu alat yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas sebuah perangkat wifi adalah antenna wifi eksternal yang dapat anda jumpai pada toko-toko komputer di kota anda.
Namun bagi anda yang terlanjur membeli sebuah wifi USB adapter standard dan merasa tidak puas dengan hasil tangkapan sinyal wifi anda tersebut, maka anda dapat mengubah wifi USB adaptor anda tersebut menjadi sebuah antenna wifi USB eksternal dengan sedikit kreatifitas.
Antena Wifi USB atau biasa disebut dengan Uni-Directional Wifi Range Extender adalah sebuah perangkat tambahan pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tangkapan sinyal wireless standar dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan adapter USB Wifi standar.
Dalam pembuatan antenna Wifi USB ini kita tidak memerlukan modifikasi apapun pada adapter USB wifi standar kita ataupun mengubah bentuk fisik komputer (PC) anda. Hanya sebuah jalan pintas yang mudah untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan jarak dari adaptor USB Wifi anda. Dan cara ini bekerja juga untuk seluruh jenis adaptor USB wifi standar yang biasa anda pakai.
Alat dan Bahan
Dalam proses pembuatannya, yang anda perlukan untuk membuat antenna Wifi USB ini adalah beberapa peralatan yang relatif murah, sederhana, dan mudah anda dapatkan di dalam rumah anda. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan tersebut adalah :
  • Tutup Panci/wajan penggorengan (bahan dari metal)
  • Tang (untuk melubangi tutup panci)
  • Lem Alteco (perekat)
  • Permen Karet
  • USB Wifi Adapter
  • USB Extension Cable
Langkah Pertama – Membuka tutup panci
Ketika anda membeli sebuah tutup panci, pada umumnya tutup panci tersebut memiliki pegangan yang dapat dilepas dengan cara memutarnya. Bukalah pegangan tutup panci tersebut dengan cara memutar pegangan panci tersebut sehingga lubang pegangan tutup panci tersebut terbuka.
Langkah Kedua - Melubangi Tutup Panci
Tutup panci harus anda coak terlebih dahulu agar lubang yang tersedia cukup besar, dimana lubang tersebut nantinya berguna untuk menempatkan extension cable yang telah disiapkan. Gunakan tang untuk melubangi tutup panci tersebut. Lubangi bagian tengah tutup panci anda dengan cara di coak menggunakan tang yang telah disiapkan. Yang perlu di ingat adalah lubang yang dibuat harus pas untuk extension cable yang nanti akan ditancapkan pada tutup panci tersebut.
Langkah ketiga – Memasukkan USB extension cable
Masukkan bagian Female end dari USB extention cable anda (bagian kabel yang tidak konek ke komputer atau yang akan masuk ke dalam slot USB wifi adapter) kedalam lubang yang baru saja dilubangi. Jika belum pas, maka lubangi kembali tutup panci hingga sesuai dengan bagian tersebut.
Langkah Keempat – Memperkuat USB Extension Cable
Setelah USB extension cable telah terpasang pada tutup panci, kemudian rekatkan permen karet yang telah disiapkan (kunyah dulu sebelum direkatkan hingga permen karet lembek). Kemudian lem bagian tersebut hingga mengeras atau kuat dengan menggunakan lem alteco. Tujuan utama langkah ini adalah agar antara USB extension cable dan bagian metal tutup panci tersebut tidak bergoyang. Pastikan lem tersebut benar-benar kuat dengan cara mengelem pada kedua sisi konektor tersebut.
Langkah Kelima – Memasang USB wifi Adapter
Setelah lem merekat kuat pada bagian yang diinginkan, maka antenna wifi USB anda telah siap digunakan. Langkah terakhir adalah menempatkan USB wifi adapter anda kedalam port yang tersedia pada antenna wifi anda.
Langkah Terakhir – Memasang Antena
Langkah terakhir adalah menghubungkan male end USB antenna wifi anda tersebut (dari extension cable) ke dalam port USB di komputer anda. Ada baiknya jika anda menggunakan alat penyangga untuk menahan perangkat ini agar mudah digunakan dan diarahkan. Anda dapat menggunakan tripod handycam atau menempelkannya langsung pada jendela kamar anda.
Kini anda dapat menikmati kekuatan sinyal wifi yang kuat dari jarak yang relatif jauh. Nyalakan aplikasi Netstumber atau Kismet untuk melihat kekuatan gain sinyal wifi yang bisa anda dapatkan. Dan alat ini telah siap untuk ber-war driving sinyal wifi hotspot tetangga anda Namun perlu diingat bahwa alat ini digunakan untuk memfokuskan penangkapan sinyal pada target pemancar sinyal, sehingga pada penggunaannya, arahkanlah alat ini pada sebuah pemancar sinyal atau hotspot agar penggunaannya lebih maksimal.

Currently have 26 komentar:

  1. itu kan buat nerima aja?
    klo kita mau buat antena yg bisa memancarkan (akses point) gmn caranya??

  1. Anonim says:

    maksimal berapa jauh daya tangkapnya bos?

  1. Anonim says:

    maksimal berapa jauh daya tangkapnya bos?

  1. Admin says:

    kira2 sekitar 2-3 Km. Bisa jg lebih. Tergantung ada penghalang ato tidak antara AP dan antenanya.

  1. Admin says:

    Untuk Memancarkan Ap hrs pke WLAN card yg mendukung AP mode.

  1. determity says:

    kalo pake antena parabola yg kecil sm wajan bagusan mana pak(diameter sama?

  1. Admin says:

    klo pke parabola kn hrs pasanganya dg booster jg, jd lebih efektif wajan...(tentang cara internetan dg parabola ada caranya tersendiri, sdh sy posting di blog ini) terimakasih

  1. Admin says:

    klo pke parabola kn hrs pasanganya dg booster utk TV, & utk internet hrs pke DVB card, jd lebih efektif (irit) wajan...(tentang cara internetan dg parabola ada caranya tersendiri, sdh sy posting di blog ini) terimakasih

  1. joko_suka says:

    apa kah usb wifi nya ga apa2 kalo kena air? dan bermasalah kah bil,a antena nya panjang kabel nya lebih dari 10m, terimakasih

  1. beye says:

    bila kena air memengaruhi umur keawetan wifi tsb.Lebih baik dibungkus plastik,dll. yg kedap air. lebih 10m lebih baik pakai kabel jenis welden yg hambatannya sedikit.

  1. gayuh says:

    makasih tutorialnya kak... kalau nangkap sinyal hotspot yg jaraknya 15km bisa gak kak? pake apa kak?

  1. beye says:

    klo 15km itu kliatannya trlalu jauh, max jangkauan antara 5-8km. itupun memperhitungkan faktor apakah ada penghalang: pohon, tembok bangunan,dll. apakah ada pembaca yg bisa bantu?

  1. abenk says:

    salam kenal........
    check it out.. FOLLOW ME

  1. rha says:

    caranya sederhana ya..

  1. abercromb says:

    ok tq boss di coba dolo

  1. Anonim says:

    ujung kabel antenenya ditancapkan kemana ? klo saya pake laptop yg dah ada wirelesnya.trims

  1. Admin says:

    ke port USB, lalu matikan conection wifi laptop & aktifkan conection wifi antenna.

  1. mhd ajha says:

    terimakasih banyak mas atas artikel-a....smg blog ini smakin maju....amiin...saya mau nanya ni mas...kl misalkan PC-a ada 2 apa bisa diparalel????thanks.......

  1. beye says:

    ADMIN: bisa, pake kabel LAN antara 2 komputer.

  1. beye says:

    Pake kabel LAN yg menghubungkan 2 kompie tsb, lalu koneksi internetnya di sharing, maka 2 kompie tsb akan conect ke internet bersamaan.

  1. Admin KuPas says:

    mas, di dekat rumah saya ada kampus gunadarma, sekitar 500m apakah bisa ditangkap hotspotnya menggunakan bantuan alat tersebut, medan rumah saya, banyak bangunan tinggi, jadi banyak penghalangnya

  1. beye says:

    tergantung kekuatan adapter wifi yg dipakai, yg menentukan jangkauan sinyal kita.

  1. kalow AP di dalem rumah sdangkan ak pengen ngakses sekitar 100M dari situ, bisa gak bung?

  1. beye says:

    bisa , asal AP di ruang terbuka, bukan tertutup

Leave a Reply

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails