Latest News

Makna Logo-logo Produk Terkenal di Dunia

Senin, 24 Mei 2010 , Posted by beye at 15.48


Logo adalah salah satu elemen terpenting dalam sebuah perusahaan. Bahkan karakteristik suatu perusahaan dapat dicerminkan dari sebuah logo. Di bawah ini adalah evolusi logo-logo perusahaan teknologi dunia. Logo Nokia dulunya bergambar ikan, logo Mozilla Firefox dulunya seperti ayam bakar. Silahkan melihat logo-logo tersebut..
1. Adobe
Pendiri Adobe adalah Geschke dan Marva Warnock. Di saat baru berdiri, daripada uang dikeluarkan untuk perancang grafis maka istri sendiri saja yang disuruh bikin. Maka lahirlah logo Adobe pertama yang diciptakan oleh istri Marva Warnock.
2. Apple

Logo pertama Apple merupakan gambar Isaac Newton sedang duduk dibawah pohon apel. Gambar ini di desain oleh Ronald Wayne. Berikutnya Rob Janoff menghasilkan logo apel dengan pelangi yang digunakan pada tahun 1976 sampai 1998. Rumor mengatakan bahwa gigitan pada apel dibuat dari inspirasi Alan Turning, seorang bapak komputer modern yang mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida. Janoff mendesain gambar gigitan pada apel juga untuk menghindarinya tampak seperti tomat merah. Sebuah ide yang sangat cemerlang dan saat ini logo Apple begitu terkenalnya.
3. Canon

Pada tahun 1930, Goro Yoshida dan saudara laki-lakinya Saburo Uchida membuat Precision Optical Instrument Laboratory di Jepang. 4 tahun kemudian, mereka membuat kamera pertama mereka yang diberi nama Kwanon. Ia dinamai sesuai Buddhist Bodhisattva. Logo tersebut memasukan gambar Kwanon dengan 1000 tangan dan api. Setelah beberapa kali dilakukan perubahan maka logo yang ada saat ini merupakan buatan tahun 1953.
Betapa ruwetnya logo pertama Canon.
4. Google

Pada tahun 1996, Universitas Stanford meluluskan sarjana ilmu pengetahuan, Larry Page dan Sergey Brin. Mereka membuat mesin pencari yang kelak dinamai Google. Dua tahun kemudian Larry dan Sergey membuat portal Internet, namun gagal menarik perhatian banyak orang. Pada tahun 1998 mereka memulai Google Inc di garasi seorang teman, dan sisanya tinggal sejarah. Logo pertama Google dibuat oleh Sergey Brin setelah ia menggunakan software gratisan GIMP. Pada tahun 1999, konsultan seni Stanford, professor Ruth Kedar mendesain logo yang digunakan oleh perusahaan saat ini. He..he…perusahaan sehebat ini dulunya juga pakai gratisan …..! :)
5. IBM

Pada tahun 1911, the International Time Recording Company (ITR, est. 1888) dan Scale Company (CSC, est. 1891) bergabung untuk membentuk Computing-Tabulating-Recording (CTR). Pada tahun 1924, perusahaan mengadopsi nama International Business Machines Corporationdan sebuah logo yang lebih modern.
6. LG

LG memulai ceritanya sebagai dua buah perusahaan: Lucky (atau lak Hui) perusahaan kosmetik dan GoldStar, sebuah perusahaan manufaktur radio. GoldStar berevolusi dari produsen radio menjadi pembuat berbagai peralatan elektronik untuk keperluan rumah tangga. Pada tahun 1995, Lucky GoldStar mengubah namanya menjadi LG Electronics. Perusahaan ini mengadopsi Tag Line “Life is Good” bersama dengan logo. Yang menarik adalah LG menolak mengakui bahwa nama itu merupakan transformasi dari Lucky GoldStar. Mereka hanya “LG”.
7. Microsoft

Pada tahun 1975, Paul Allen (saat itu bekerja untuk Honeywell) dan temannya Bill Gates melihat Altair 8800 baru dari Micro Instrumentation dan Telemetry Systems atau MITS. Itu merupakan mini PC pertama yang tersedia secara komersial. Allen dan Gates memutuskan untuk memasukan bahasa BASIC pada komputer (mereka melakukannya dalam 24 jam !). Allen dan Gates menamai kerjasama mereka sebagai “Micro-soft”. Sebuah nama yang akhirnya menjadi raksasa.
8. Firefox

Pada tahun 2002, Dave Hyatt dan Blake Ross menciptakan web browser open source yang akhirnya menjadi Mozilla Firefox. Pertama kali ia dinamai Phoenix, namun nama ini menghadapi halangan paten, dan akhirnya diganti menjadi Firebird, namun sekali lagi ia menghadapi masalah karena ia telah dimiliki oleh sebuah software. Untuk yang ketiga kali akhirnya ia diubah menjadi Mozilla Firefox.
Pada tahun 2003, desainer professional Steven Garrity mengatakan bahwa browser ini menghadapi masalah branding yang buruk. Segera setelah itu, Mozilla mengundangnya untuk membuat identitas visual yang baru untuk Firefox, termasuk logo terkenalnya. Mungkin dulunya gara-gara logo ayam/bebek bakar itu.

9. Motorola

Motorola, dimulai tahun 1928 oleh Paul Galvin. Pada tahun 1930an, Galvin memproduksi radio mobil. Nama ‘Motorola’ merupakan kombinasi kata ‘motor’ dan akhiran popular ‘ola’. Pada tahun 1947 perusahaan mengganti namanya menjadi Motorola Inc. Tahun 1980an, perusahaan memulai memproduksi telepon selular secara komersial.
Arti dari logo adalah ” dua segi tiga bercita-cita tinggi untuk mencapai puncak sedangkan cincin yang melingkari inisial ‘M’ adalah leadership-minded yang progresif.

10. Nokia

Pada tahun 1865, Knut Fredrik Idestam membangun pengolahan kayu di Tampere, Barat Daya dari Findland. Kata “Nokia” merupakan bahasa Finland yang artinya, hewan berbulu gelap. Perusahaan modern yang dikenal sebagai Nokia Corporation merupakan gabungan antara Finnish Rubber Works, Nokia Wood Mill, dan Finnish Cable Works pada tahun 1967.
Sebelum memfokuskan pada bisnis telekomunikasi dan ponsel, Nokia memproduksi kertas, ban sepeda, mobil, sepatu, televisi, generator elektrik dan lainnya. Menjadi ponsel berjuta umat mungkin setelah mengganti logo gambar ikan yang tidak ada hubungan dengan arti Nokia sesungguhnya.

11. Palm

Palm Inc. telah ditemukan 1992 oleh Jeff Hawkins, yang juga menemukan Palm Pilot PDA. Dalam sejarah perjalannnya perusahaan ini beberapa kali terjadi perubahan nama dan struktur kepemilikan. Selama perjalanan itu, mereka tidak hanya berubah nama, tetapi logo juga. Tentu saja, sedikitnya para perancang grafik mendapatkan uang darinya.
12. Xerox
Perusahaan Xerox dibangun hampir 100 tahun oleh perusahaan Haloid, dimana pertama kali ditemukannya fotografi dan peralatannya.
Pada tahun 1983, Chester Carleson menemukan teknik untuk membuat mesin fotokopi yang pada saat itu diberi nama “Electrophotography”, yang kemudian ia rubah lagi namanya menjadi “Zerografi”. Carlson terkenal dengan ketekunannya, ia mengadakan percobaan selama 15 tahun sambil menuntaskan sekolah hukumnya dan pekerjaan sehari-harinya. Carlson beberapa tahun mencoba untuk bekerja di perusahaan besar seperti General Electric, IBM, RCA, dan beberapa perusahaan besar lainnya, tetapi tak satu pun dari perusahaan tersebut tertarik dengan penemuannya.
Hingga akhirnya, ia bersama Perusahaan Haloid Xerox 914, yang membantunya untuk mengembangkan pertama kali didunia suatu mesin untuk menduplikat kertas (photocopier). Mesin itu pun telah meraih sukses pada tahun 1961. Kata Xerox diambil dari nama belakang perusahaan Haloid.

Currently have 3 komentar:

  1. beye says:

    Silakan tinggalkan komentar Anda disini.. thnx

  1. Anonim says:

    blognya keren...

  1. Artikel yg bagus, mangstabb

Leave a Reply

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails