Latest News

Pemecahan Misteri Senyuman Monalisa Oleh Beberapa Ahli

Jumat, 20 Agustus 2010 , Posted by beye at 19.23

http://www.rheza.com/blog/wp-content/uploads/2010/07/monalisa.jpg 
dari waktu ke waktu,lukisan monalisa ga pernah abis dicari pemecahan misterinya...
berbagai ahli mulai dari ahli syaraf, sejarah, forensik, sampai akustik berlomba-lomba meneliti apa sih sebenernya yang ingin disampaikan Da Vinci dalam lukisannya yang terkenal itu.

berikut ini rangkuman berbagai penelitian mengenai misteri Mona Lisa yang dilakukan berbagai ahli di dunia.

1. Senyum Mona Lisa ternyata hanya sebuah ilusi optis


seorang pakar neuroscientist dari universitas Harvard, Margaret Livingstone, dalam Journal Science no. 17. yang mendapat dukungan dari ahli sejarah kesenian zaman Renaissans dari universitas Columbia, James Beck, mengungkapkan sebuah kajian ilmiah yang menyatakan

"bahwa senyuman memesona yang terkesan muncul selintas dengan lamat-lamat pada wajah Monalisa tersebut terjadi akibat efek dari suatu ilusi optik, senyuman itu dapat tertangkap mata justru pada saat seseorang tidak tengah langsung memandang ke arah bibir Monalisa."

Livingstone dalam penelitiannya menggunakan metoda kerja dengan menscanning reproduksi lukisan Monalisa lalu menghilangkan seluruh image bayang dan efek yang ada dalam area pandang peripheral, sehingga lukisan tersebut hanya menyisakan image kontras dan beda warna seperti yang lazim terlihat dalam area fovea atau area daerah pusat pada area bidang pandang. proses tersebut mengakibatkan pandangan mata manusia tidak dapat lagi menangkap adanya senyuman pada lukisan Monalisa. ketika efek bayangan dimasukkan kembali pada lukisan, maka dengan segera senyum itu muncul kembali!

2. Senyum itu hanya dapat terjadi bila Monalisa tidak memiliki Gigi!


sebuah riset yang dilakukan dari tahun 1997 hingga 2001 yang dipimpin oleh Dr. Montague Merlic, ahli forensik asal Inggris, mengungkapkan bahwa Monalisa tidak dapat menutup mulutnya dengan pas karena dia mungkin telah kehilangan gigi-giginya. menurutnya, kendati tampak seperti tersenyum, namun secara forensik, tidak seperti itu. Monalisa cuma tidak bisa menutup mulutnya dengan benar.

mereka melakukan riset dengan menggunakan peralatan teknologi mutakhir, yaitu komputer, pencitraan holografis dan tiga dimensi, sehingga dapat diciptakan suatu simulasi susunan kerangka kepala monalisa yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang melalui layar komputer.

dari gambar 3 dimensi tersebut terlihat bahwa profil kiri dan kanan kepala monalisa terdapat indikasi kuat adanya sesuatu yang tidak beres pada mulut Monalisa. akhirnya disimpulkan sebuah keyakinan bahwa ekspresi yang terlukis pada Monalisa hanya dapat terjadi bila tidak ada gigi dalam rongga mulut Monalisa, dengan kata lain, Monalisa sebenarnya ompong!
liat jurnalnya di 
http://books.google.co.id/books?id=m...merlic&f=false


3. Tidak ada maksud apa2, Da Vinci hanya melukis orang yang sebenarnya!



tahun 2004, pakar sejarah, Giuseppe Pallanti, mempelajari berbagai arsip penduduk kota tempat Da Vinci menciptakan lukisan itu, yaitu kota Firenze. Pallanti menelaah arsip yang sudah tersimpan berabad-abad, mulai dari catatan pernikajan sampai akta-akta kepemilikan tanah milik warga kota. Pallanti menghabiskan lebih dari 25 tahun untuk mengungkap misteri lukisan Monalisa ini. ternyata wanita yang digambar Da Vinci bukanlah tokoh fiktif, tetapi adalah orang yang sebenarnya!

bernama alsi Monalisa del Giocondo, hidup di kota Firenze pada tahun 1490-an. Monalisa lahir di Florence, Italia, Mei 1479, dengan nama Lisa Gherardine. monalisa menikah dengan seorang pedagang kain sutra kaya raya, Francesco del Giocondo, pada tahun 1495 yang merupakan rekan dari ayah Da Vinci. hasil penyelidikan Pallanti menunjukkan bahwa Da Vinci tinggal di kota kecil itu tahun 1501 hingga 1503. penemuan ini diharapkan dapat mengakhiri perdebatan yang telah berlangsung mengenai "apa sih yang diinginkan Da Vinci dari lukisan itu?"

cek websitenya Pallanti di 
http://www.monalisastory.com


4. senyum itu 83% kebahagiaan, 9% kekejian, 6% rasa takut, 2% rasa marah.

para ilmuwan dari universitas Amsterdam dan Universitas Illinois pada tahun 2005 tidak mau ketinggalan untuk menganalisis senyum monalisa menggunakan bantuan software komputer untuk mengungkap rahasia emosi yang terkandung dalam lukisan monalisa. analisis diperoleh dari goresan lipstik dan kerutan spitar mata yang menurut para ahli dapat menggambarkan emosi dari seseorang. dalam "New Scientist" mereka menyimpulan bahwa senyuman monalisa menyampaikan pesan bahwa senyum tersebut mengandung 83% bahagia, 9% kekejian, 6% rasa takut, dan 2% rasa marah.

5. Jika Monalisa bisa ngomong, apa yang akan diucapkannya?

ya?jika monalisa bisa ngomong, apa yang akan diucapkannya?
seorang ahli akustik Jepang, Dr. matsumi Suzuki tergelitik untuk meneliti sebenarnya apa yang diucapkan oleh Monalisa.

Matsumi Suzuki, yang biasanya memanfaatkan keahliannya untuk membongkar berbagai kasus kejahatan, mengukur wajah dan tangan tokoh lukisan potret abad ke-16 karya Leonardo da Vinci yang sangat terkenal itu. Sang ahli memperkirakan tingginya dan menciptakan model tengkorak kepalanya. "Begitu kami telah dapat membuat modelnya, kami dapat menciptakan suara yang serupa sekali dengan orang yang bersangkutan," kata Suzuki kepada Reuters dalam wawancara di kantornya di Tokyo pada pekan lalu.

Suzuki telah mereka-reka cipta suara banyak orang terkenal yang amat dekat dengan suara pemilik sesungguhnya dan telah banyak digunakan dalam kegiatan sulih suara.

Peta setiap suara individual, yang dikenal sebagai cetak suara, unik untuk setiap orang. Suzuki yakin telah mencapai tingkat akurasi 90 persen dalam menciptakan kualitas nada suara wanita yang senyumnya membingungkan itu.

"Saya Monalisa. Identitas sejati saya diselimuti misteri,".
liat disini,gan. 
http://www.msnbc.msn.com/id/13065968/
http://www.msnbc.msn.com/id/21134540...66133#13066133

6. Monalisa sedang hamil.

pada tahun 2004, para ahli yang didatangkan National Geographic meneliti lukisan itu secara langsung dengan teknologi yang mereka ungkapkan sebagai "teknologi tercanggih dalam penelitian saat ini". lukisan itu dipotret, dscan,dan diamati dengan berbagai peralatan canggih.

hasilnya didapat fakta, bahwa pakaian monalisa, gestur tangan, dan seluruh badan Monalisa menunjukkan bahwa ini adalah sebuah lukisan wanita yang sedang hamil!
ni link youtubenya


source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3071079

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails