Latest News

Penemuan KApal KAram 150 Tahun di Kutub Utara

Jumat, 20 Agustus 2010 , Posted by beye at 19.27

arctic
An artist’s impression of HMS Erebus, trapped in Arctic ice
 
Kapal pencari penjelajah Kutub Utara Sir John Franklin yang hilang di kawasan paling utara Bumi 150 tahun lalu berhasil ditemukan arkeolog Kanada. 

Kapal bernama HMS Investigator itu ditinggalkan pada tahun 1853 karena terperangkap es saat sedang menjalankan misi kedua untuk mencari Franklin dan tim ekspedisinya.
Franklin dan semua anggota tim hilang saat berlayar menuju Kanada Utara tahun 1845. Misi tim saat itu dalam upaya menemukan rute perdagangan antara Atlantik dan Pasifik melalui lautan Kutub Utara atau disebut ‘Northwest Passage’.
franklin
Sir John Franklin, who led the ill-fated Northwest Passage expedition
franklin
Lost: British arctic explorer Sir John Franklin 
 
Kapal pencari Franklin ditemukan pekan ini di perairan dangkal di Teluk Mercy, laut barat Kanada, oleh seorang peneliti dari Parks Canada.
Seperti dikutip dari laman harian The Telegraph, edisi 30 Juli 2010, kapal HMS Investigator merupakan salah satu dari sejumlah kapal Amerika dan Inggris yang dikirim untuk mencari kapal HMS Erebus dan HMS Terror, yang hilang dalam misi tak berhasil Franklin pada 1845.
Tahun 1953, Investigator ditinggalkan di tengah padang es oleh Kapten Robert McClure dan krunya. Selama tiga tahun, mereka sudah mencoba menyelesaikan tahap air pencarian ‘Northwest Passage’, tetapi terus menerus terkendala lapisan es.
Persediaan makanan yang minim membuat 60 kru meninggalkan kapal. Mereka diselamatkan oleh kapal lain, tetapi McClure dianggap sebagai orang Eropa pertama yang menemukan pintu masuk barat jalur perdagangan.
Tiang layar dan tali-tali kapal telah rusak karena es dan cuaca selama 157 tahun sejak kapal hilang, tetapi bagian dari kapal terlindung berkat air benua utara yang sangat dingin. Kapal yang sering disebut dalam dongeng Northwest Passage itu masih dalam kondisi baik.
Marc-Andre Bernier, kepala penelitian bawah laut Parks Canada mengatakan, ‘Kapal berada dalam kondisi sangat baik. Ini adalah penemuan yang sangat penting. Ini adalah kapal yang berlayar dalam tahap akhir pencarian Northwest Passage,’ kata Bernier.
Tim Parks Canada tiba di Mercy Bay pada 22 Juli, dan tiga hari kemudian, es sudah cukup mencair hingga perangkat sonar bisa digunakan. Bangkai kapal ini ditemukan dalam waktu 15 menit.
A painting of Sir John Franklin and crew dying by their ice-bound 
boat
Terrible fate: A painting of British explorer Sir John Franklin and crew dying by their ice-bound boat
circa 1818: Franklin sets off in a low boat with a crew, supplies 
and dogs
Early days: Arctic explorer Sir John Franklin sets off in a low boat with a crew, supplies and dogs around 1818
 
Menurut Bernier, tidak ada rencana untuk mengangkat kapal ke permukaan. Tim hanya berharap bisa menggunakan perangkat video bawah air untuk mengambil gambar kapal. 

Jim Prentice, menteri lingkungan hidup Kanada, mengatakan bahwa pemerintah Inggris telah mengetahui penemenuan bangkai kapal berikut tiga mayat pelaut yang diduga meninggal karena sakit.
Sumber: vivanews.com
May 1847: The 'All Well' document signed by explorer Sir John 
Franklin during the ill-fated expedition to discover the North West 
Passage of the Arctic
Part of the trail: The ‘All Well’ document signed by Franklin in May 1847
source: http://wong168.wordpress.com/2010/08/12/ditemukan-kapal-karam-150-tahun-di-kutub/

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails