Latest News

Ternyata Dibawah Arab Saudi Terdapat Lava Raksasa Aktif

Sabtu, 02 Oktober 2010 , Posted by beye at 21.39

Di sebuah wilayah di Arab saudi tepatnya di daerah barat laut Arab Saudi  "Harrat Lunayyir" terdapat lava raksasa yang berada tepat di bawah wilayah itu.

Lava itu baru diketahui oleh para peneliti setelah di wilayah tersebut sering terjadi gempa, padahal di wilayah terpencil itu tidak ada satu pun gunung berapi. Gempa yang terjadi ribuan kali ini terjadi di tahun 2009. 

Gempa itu terjadi pada bulan April dan Juni 2009, tercatat lebih dari 30.000 gempa bumi melanda tempat itu. Dan puncaknya pada 19 Mei 2009 terjadi gempa dengan kekuatan 5,4 skala richter yang menyebabkan dinding rumah warga kota Al Mandy mengalami kerusakan.Dan pada waktu itu tidak tertutup kemungkinan akan terjadi letusan gunung berapi. Saat itu pemerintah Arab Saudi mengevakuasi sekitar 40.000 penduduk dari tempat itu. dikutip dari Vivanews

Akhirnya setelah setahun melakukan penelitian, para ahli menemukan alasan mengapa di wilayah tersebut sering terjadi gempa. Dan ini sangat mencengangkan para peneliti, di bawah tanah di lokasi gempa itu, terdapat lava (cairan magma pijar) dengan jumlah yang sangat besar. Lava itulah yang diduga sebagai penyebab rangkaian gempa.

Lava yang  berada di bawah wilayah tersebut sangatlah luas, yaitu mencapai sekitar 180.000 kilometer persegi. Hamparan lava itu ternyata sudah terbentuk sejak 30 tahun yang lalu yaitu semenjak Arab Saudi memisahkan diri dari Afrika. Lava inilah yang diduga menjadi salah satu pemicu terbentuknya laut merah.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails