Latest News

Unik, Ciptakan Listrik Dari Belimbing

Sabtu, 02 Oktober 2010 , Posted by beye at 21.52

Kreatif sekali apa yang dilakukan oleh Sunarto (40) warga Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Magetan, dia mampu menciptakan tenaga listrik dari bahan dasar Larutan air belimbing wuluh.

Belimbing wuluh yang biasanya untuk sayur ini dijadikan Sunarto menjadi zat pengurai yang mampu menghasilkan tenaga listrik.


Menurut Sunarto, Dia menciptakan Listrik alternatif ini karena merasa prihatin dengan kenaikan TDL yang terjadi pada saat ini. Dan dia juga prihatin dengan daerah-daerah yang belum tersentuh dengan aliran listrik.

Ada beberapa langkah untuk menciptakan listrik dari Belimbing Wuluh ini :
1. Belimbing dihaluskan, untuk diambil airnya
2. Gelas Bekas Air Mineral di isi dengan media tanah dan air belimbing disuntikan ke dalam wadah secukupnya.
3. Selanjutnya, masing-masing gelas berisi tanah bercampur sari air belimbing dihubungkan dengan rangkaian kawat lempengan tembaga dan seng guna mengalirkan arus listrik.
4. Energi listrik tercipta dengan ketegangan yang lumayan yaitu 5 volt, tegangan ini mampu menghidupkan lampu penerangan dan bahkan tegangan yang dihasilkan melebihi tegangan satu buah baterai.

Ada takaran tersendiri untuk membuat tegangan listrik ini, 10 butir belimbing wuluh mampu menghasilkan listrik sebesar 2.5 volt atau setara dengan 1 baterai kering. Yang lebih hebat lagi listrik yang dihasilkan oleh belimbing wuluh ini bisa bertahan hingga 1 bulan.

Kini Sunarto masih terus mengembangkan hasil temuannya. Dia ingin nantinya energi alternatif ini bisa dikemas seperti baterai. Dengan demikian hasil temuannya ini bisa berguna bagi rakyat kecil.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails