Latest News

Kapsul Luar Angkasa Bersejarah Uni Soviet Dilelang

Sabtu, 26 Februari 2011 , Posted by beye at 20.20


Sebelum pertama kali manusia dikirim ke luar angkasa pada 1961, Uni Soviet meluncurkan uji penerbangan terakhirnya menggunakan kapsul kecil bersejarah ini.

Kapsul inilah yang kelak membawa kosmonot Yuri Gagarin pada misi bersejarahnya. Kapsul uji itu, Vostok 3KA-2, akan dijual di Sotheby, New York pada 12 April bertepatan dengan peringatan 50 tahun penerbangan Gagarin.

Sotheby memamerkan kapsul tersebut di markasnya di New York sebelum menjualnya. Kapsul bersejarah ini diperkirakan berharga US$2-US$10 juta (Rp 17,7 miliar - Rp88,6 miliar). Pemilik kapsul yang namanya tak mau disebut membeli kapsul bersejarah ini dari Rusia, beberapa tahun lalu.

“Kapsul ini sangat penting dalam sejarah ruang angkasa karena memberi lampu hijau untuk pencapaian spektakuler Gagarin,” kata Kepala Departemen Proyek Khusus Sotheby David Redden. Program Vostok diprakarsai oleh arsitek program luar angkasa Soviet, Sergei Korolev.

Progrm ini pertama mencetak sejarah dengan meluncurkan dua anjing, Belka dan Strelka, ke luar angkasa yang akhirnya menjadi binatang pertama yang bertahan hidup selama perjalanan itu pada 1960.

Kabin kapsul berbentuk bola itu kemudian disesuaikan untuk membawa manusia. Hanya beberapa minggu sebelum misi Gagarin, uji akhir penerbangan kapsul membawa manekin seukuran kosmonot dan seekor anjing bernama Zvezdochka pun sukses dilakukan. [mor] 


Source |http://teknologi.inilah.com/read/detail/1270932/kapsul-luar-angkasa-bersejarah-uni-soviet-dilelang

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails