Latest News

Asal Mula Diciptakannya Gitar

Minggu, 06 Juni 2010 , Posted by beye at 23.37

 Cikal bakal lahirnya gitar adalah dari Spanyol. pada awalnya ide untuk membuat instrumen ini di pelopori oleh orang-orang Malaga di Spanyol. Instrumen ini ketika pertama kali dibuat memiliki empat bagian yang mana ukulele ikut ambil bagian. pada awalnya gitar dibuat hanya dengan menggunakan empat tali senar.


semenjak kebangkitan kembali, gitar tidak pernah mendapat perhatian dari para penikmat musik, saat itu gitar tidak pernah di hargai, bahkan dipandang sebelah mata. Popularitasnya pun kalah dibanding dengan alat musik tiup. namun tidak mereka sadari kalau gitar nantinya akan menjadi alat musik yang palik digemari dan serius untuk dipelajari dibanding alat musik lainnya.

Yang mempunyai gagasan untuk memperkenalkan gitar lebih jauh lagi adalah Alonso mudarra’s “tres libros de musica en cifras para vihuela”. berkat jasa-nya gitar mulai menarik dan menjadi pusat perhatian dari para musisi, makin dipublikasikan, gitar akhirnya semakin terlihat. Gitar kemudian menjadi sangat populer. Banyak sekali penulis dalam bidang musik menerbitkan metode permainan gitar dan menampilkan berbagai macam konser .

Pada akhir abad 19 gitar mengalami banyak perubahan, gitar mulai kehilangan ciri khas-nya, tapi dihidupkan kembali oleh seorang Francisco terraga. Dia memperlihatkan kepada beberapa orang dan memilih untuk  untuk memperkenalkan  instrumen ini kepada teman-teman dekatnya di rumah. Dia kemudian mulai menciptakan sebuah komposisi dan menulis metode untuk mengajar gitar. Dia juga menuliskan beberapa dari bagian musik untuk alat musik gitar. Segovia salah seorang yang terinspirasi oleh tarrega. Tarrega kemudian memulai mengembangkan trik bermain gitar dengan menggunakan kuku jari untuk memetik senar gitar.

Segovia juga salah satu pembuat gitar, pada awal abadi ke-20 gitar merek Segovia adalah gitar terbaik, akan tetapi kini hanya sedikit saja gitar dengan merek Segovia di pasaran. walau pun ada harganya bisa mahal karena saat itu gitar diproduksi dengan jumlah yang terbatas. Torres secara manual bekerja dengan desain dan konstruksi tentang gitar. Dia mulai merubah ukuran gitar dari yang sebelumnya kecil menjadi lebih besar dan mulai bereksperimen dengan segala yang di perlukan sound, khususnya dengan volume. dia lah yang pertama kali membuat desain gitar dengan “fan” diatasnya. Sesekali dia membuat gitar dengan pucuk pohon cemara dan kertas mache pada bagian belakang dan sisi-sisinya,  ini dia lakukan untuk membuktikan teorinya, bahwa produksi tertinggi adalah apabila sebuah gitar memiliki kualitas suara baik. Dia merupakan bapak gitar modern pada saat itu.

Penampilan, catatan, pemikiran dan penemuan dari Segovia merupakan sumbangan terbesar dalam dunia musik. Dia orang pertama yang memainkan gitar dimuka umum dalam sebuah konser besar. Sebelum Segovia orang-orang percaya, bahwa gitar tidak mungkin bisa dikenal oleh masyarakat luas. Meskipun Segovia melakukan semuanya ini, tapi kita tetap berhutang budi kepada dia karna berkat dialah gitar kini mampu menjadi salah satu instrumen yang benar-benar mendapat tempat dalam dunia permusikan

Setelah kemunculan gitar dengan tali string, pada tahun 1946, nylon mulai menggantikan kedudukannya, dan itu merupakan sebuah terobosan yang sungguh luar biasa. Hingga pada saat ini banyak sekali konser-konser musik yang mengedepankan gitar sebagai nilai jualnya. Juga banyak majalah dan surat khabar  yang memberikan porsi lebih pada gitar atau memberikan perhatian khusus pada gitar.

Sebagai para maniak gitar sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada tokoh-tokoh yang telah memperjuangkan gitar sehingga gitar kini mampu menjadi salah satu instrumen musik yang benar-benar menjadi alat musik yang paling disukai. 
 
wikipedia

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails