Latest News

Tips Mengatasi Sindrom Visual Komputer

Selasa, 08 Juni 2010 , Posted by beye at 06.41



Sindrom visual komputer sekarang  ini menjadi permasalahan tersendiri seiring semakin berkembangnya kebutuhan manusia akan pentingnya komputer, Sindrom ini terjadi jika seseorang duduk di depan komputer untuk waktu yang cukup lama dan menyebabkan ketegangan pada mata yang diakibatkan oleh radiasi layar komputer.
Sindrom visual komputer ini memberikan gejala seperti sakit kepala, mata panas serasa terbakar, kering, berair dan pandangan kabur. Penelitian telah menunjukkan bahwa monitor komputer dari versi yang lama lebih beresiko menimbulkan sindrom visual sehingga dianjurkan untuk mengganti jenis monitor.

Tips untuk mengurangi sindrom visual komputer :

  • Sebelum terjadi ketegangan pada mata Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi pencahayaan yang cukup optimal di area kerja dan sumber cahaya tersebut diatur sedemikian rupa agar nyaman bagi mata Anda.
  • Fakta membuktikan bahwa pencahayaan di tempat kerja dapat mempengaruhi visual Anda. Jika lampu terlalu terang atau terlalu redup bisa mengakibatkan kelelahan pada mata. Solusinya ? lakukan pengaturan cahaya yang cukup sehingga dapat memberikan kenyamanan pada mata dan area kerja Anda.
  • Terakhir, berhentilah berlama lama didepan komputer kalau memang aktifitas penting anda sudah selesai :)
tips mengatasi sindrom visual komputerLangkah selanjutnya adalah menjalani beberapa latihan sederhana pada mata untuk mengurangi terjadinya sindrom visual komputer atau gejalanya bisa dikurangi sehingga aktifitas anda didepan komputer bisa tetap terjaga, latihan ini memerlukan kurang lebih setengah jam sampai dengan satu jam dan dianjurkan dilakukan secara berkesinambungan.
  1. Duduk atau berbaring dengan posisi yang cukup nyaman, gosokkan kedua telapak tangan bersama-sama selama beberapa detik kemudian tutup mata Anda dan letakkan telapak tangan di dekat mata. Telapak tangan ini harus diposisikan sedemikian rupa sehingga tidak menyentuh mata. Duduk selama sekitar dua menit, Anda akan mulai melihat kegelapan intens yang akan memberikan terapi pada mata.
  2. Putar mata Anda bolak-balik ke atas dan ke bawah, ini terapi yang cukup baik untuk melatih mata.
  3. Pejamkan mata Anda selama 3-5 detik kemudian buka kembali selama 3-5 detik. Ulangi langkah ini sampai 7 atau 8 kali.

Currently have 3 komentar:

  1. Thank's Gan Atas Ilmunya.
    Semoga Sukses Selalu.
    Amin,

  1. zoftpc says:

    sumber linkna gan :)

  1. Whandi Net says:

    Hehehehe... menyusuri ya bro? :D
    Linknya di web ku duah dipasang bro... Maaf... kemarin kelupaan... :D

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails