Latest News

T-rex punah disebabkan Parasite yang biasa ditemukan pada merpati ?

Rabu, 09 Juni 2010 , Posted by beye at 06.44

Setelah pertempuran  hidup mati  yang tak terhitung, T-rex raksasa akhirnya punah oleh parasit mikroskopis yang mirip dengan dibawa oleh merpati modern, para ilmuwan mengatakan.


Temuan interpretasi baru ini berdasarkan beberapa lubang di tulang rahang  "Sue," kerangka terbesar dan paling lengkap dari fosil Tyrannosaurus rex , yang dipajang di Field Museum di Chicago.
Awalnya peneliti telah mengatakan lubang ini adalah hasil luka-luka gigitan yang dibuat oleh T-rex lain . Tapi sekarang ahli paleontologi setuju bahwa lubang ini terlalu rapi dan halus akibat bekas gesekan gigi di tulang.

Dalam sebuah penelitian baru, para peneliti mengusulkan bahwa lubang luka ini dibuat oleh versi kuno dari trichomonosis,  parasit bersel satu yang menginfeksi tenggorokan dan paruh burung modern.

Merpati membawa trichomonosis tanpa gejala apapun. Tapi merpati adalah mangsa biasa dari burung elang dan burung raptor lainnya, yang kemudian menjadi terinfeksi dan juga dapat menularkan penyakit.
"Ada kemungkinan bahwa penyakit ini cukup tua," kata penulis studi Ewan Wolff, seorang ahli paleontologi di University of Wisconsin-Madison.

Infeksi T. Rex

Sue ditemukan pada tahun 1990 di South Dakota. Meskipun jenis kelamin dinosaurus ini tidak diketahui, julukan fosil ini untuk nama perempuan pemburu fosil yang menemukan tulang dinosaurus tersebut.

 Dengan panjang 42 kaki (12.8 meter), berat 7ton dinosaurus ini hidup sekitar 67 juta tahun yang lalu, pada akhir periode Kapur.

Selain lubang tulang rahang, fosil menunjukkan bukti bahwa Sue sempat bertahan dengan beberapa patah tulang rusuk, artritis, dan dari bentrokan buas dengan dinosaurus lain untuk mencapai usia tua 28.

Bagaimana dinosaurus besar bisa mati, telah jelas. Meskipun Sue memiliki beberapa luka-luka, binatang ini tampaknya telah hidup dengan sebagian besar luka-luka selama bertahun-tahun.

Pada burung, trichomonosis menyebabkan peradangan di paruh dan saluran pencernaan atas, yang membuatnya sulit untuk makan dan sulit bernapas.
Tubuh burung bereaksi dengan menyegel bagian dari jaringan yang terinfeksi, namun seiring waktu efek samping dari respon imun burung ini dapat merusak tulang.
Sue memiliki sekitar sepuluh  luka di rahang, beberapa dari mereka cukup besar bagi manusia dewasa untuk menusukkan jari ke lubang lukanya.

Didasarkan pada ukuran dan jumlah lesi, tim menganggap  penyakit Sue telah pada stadium lanjut dan mungkin telah begitu parah sehingga dinosaurus ini mati kelaparan.

Parasite Link

Para peneliti juga menemukan bukti trichomonosis. Seperti infeksi dalam dua spesies tyrannosaurid lain, Daspletosaurus dan Albertosaurus.

Sue mungkin telah terjangkit penyakit ini setelah digigit oleh T-rex lain selama perkelahian atau telah memakan tubuh tyrannosaurids  yang terinfeksi , kata Wolff.

Temuan ini telah menambahkan hal baru bagi hubungan evolusi antara dinosaurus dan burung modern.

Itu karena parasit cenderung berevolusi dengan inang mereka, kata Wolff. Sejak tyrannosaurids adalah salah satu dari jenis dinosaurus yang dianggap nenek moyang burung, hal ini tidak mengejutkan bila parasit yang sama yang menginfeksi tyrannosaurids sekarang telah menginfeksi burung.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails