Latest News

Inilah 5 Burung Kicau Termahal di Indonesia

Senin, 21 Juli 2014 , Posted by beye at 10.12

Keindahan Burung Jalak Bali
Bagi penggemar burung kicau, mungkin anda penasaran burung apa saja yang termahal di Indonesia dan menghasilkan suara yang indah dan bisa memukau siapa saja sehingga banyak dicari banyak orang sebagai hobi dan penghasil duit yang cukup signifikan. Sebagian burung ini sudah sangat sulit dicari dan harganya sangat mahal di pasaran hal ini mungkin dikarenakan banyak faktor terutama banyaknya aksi perburuan dan kondisi alam Indonesia yang tidak baik untuk habitatnya.

Berikut ini ada 5 jenis burung kicau yang terpopuler di Indonesia dengan harga cukup mahal

Burung Kenari.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan BetinaDikenal dengan nama Serinus Canaria dan namanya diambil dari habital asalnya, Kepulauan Canary, burung ini sangat banyak jenisnya dikarenakan kondisi alam yang berbeda dan adanya kawin silang. Harga pasaran burung kenari lokal termasuk relatif mahal di pasaran lokal khususnya yang dijual pedagang burung di beberapa tempat di Indonesia.
Kenari lokal betina dengan usia 3 bulan biasanya berharga Rp 250.000 sementara jantan dengan usia 3 bulan dengan harga bervariasi, maksimal Rp 300.000. Sebenarnya harganya tergantung dengan kondisi burung dan indah atau nyaringnya kicauannya. Yang termahal adalah jenis Yorkshire F2 dan F1 yang mencapai Rp. 2,5 juta rupiah, sementara burung Kenari Yorkshire Gacor harganya dapat mencapai 10 juta rupiah untuk jantan dan 8 juta untuk betina. Sungguh hobby dan investasi mahal bukan?

Burung Murai

Gambar Burung Murai Batu LampungDikenal dengan nama shamas, Murai mempunyai banyak spesies atau jenis dan makanan utamanya adalah serangga. Biasanya burung ini mulai dapat bertengger mulai usia 1 mingguan dimana dapat menirukan suara burung yang lain. Dikarenakan mempunyai bulu dengan corak warna yang menggagumkan, burung murai sangat mahal di pasaran khususnya jika diperoleh dari hutan asli.
Burung Murai Medan adalah jenis yang termahal di pasaran lokal dengan harga diatas 3 juta rupiah untuk betina dengan umur 16 minggu. Sementara untuk usia 10 minggu dan 3 minggu harganya mencapai Rp. 2, 9 juta dan Rp. 2,3 juta.

Burung Kacer

Harga Burung Kacer Jawa TimurDikenal dengan nama Magpie Robin, burung ini mempunyai kicauan yang nyaring dan di Indonesia banyak kontes atau perlombaan. Karena itu, Kacer banyak diminati dan dicari oleh pecinta burung karena faktor kicauan, adaptasi yang sangat mudah di lingkungan berbeda, makanan dan perawatan yang tidak sulit.
Biasanya burung ini banyak terdapat di Jawa Barat dan Timur. Harganya bervariasi tergantung kondisi bulu dan fisiknya dan juga usia. Untuk Kacer Jawa Barat, harganya dimulai dari Rp.300 ribu sampai Rp. 700 ribu. Sementara untuk jenis Jatim, harganya sedikit diatas dengan variasi diantara 400.000 sampai 800.000 rupiah.

Burung Cucak Rowo

Burung Cucak Rowo RopelPada umunya dikenal dengan nama Cucak Rawa atau Pycnonotus zeylanicus. Burung ini biasanya ditemukan di Negara Asia Tenggara khususnya Indonesia dan Malaysia. Habitat aslinya adalah hutan tropis, bakau dan di area pertanian. Hal yang unik dari burung ini adalah bentuk dan warna mahkotanya dengan warna kuning pucat. Kicauannya juga sangat khas dan medu karena dapat terdengar bersahut-sahutan dengan karakter yang jernih dan jelas.
Dikarenakan kicauannya, perawatan dan makanannya yang mudah dicari, burung in banyak diminati tetapi dikabarkan populasinya sangat menurun tajam walaupun belum termasuk langka dan dapat ditemukan di pasaran lokal. Harganya dapat mencapai Rp. 700 ribu untuk jenis Cucak Ijo Sumatera dan sekitar Rp.3. 000.000 sampai Rp. 4.000.000 untuk penangkaran dengan usia sekitar 3 bulanan.

Burung Jalak

Gambar Burung Jalak Suren JawaTermasuk famili dari Sturnidae dan dekat spesiesnya dengan beo dan perling, burung ini dikenal karena bentuknya yang gagah, kicauan yang keras dan gampang dilatih. Di alam bebas, dapat ditemukan di lubang pohon di hutan dan hampir memakan semua jenis makanan termasuk serangga dan buah tertentu.
Sebenarnya ada 25 jenis burung jarak tetapi biasanya hanya ada 5 spesies yang diperlihara orang Indonesia yaitu Jalak Suren, Jarak Bali, Jarak Kerbau, Nias dan Putih dengan harga bervariasi dan berturut-turut adalah sekitar Rp. 340.000, Rp. 410.000, Rp. 76.000, Rp. 140.000 dan Rp. 530.000 .
Sebenarnya masih ada banyak burung kicau termahal lainnya seperti Tledekan, Paca Warna, Burung Anis Kembang, Pentet, Gelatik, Kolibri Ninja dan lain-lain. Burung Cendrawasih sepertinya diklaim sebagai burung paling mahal untuk burung kicau pada jenis tertentu yang bisa mengeluarkan bunyi yang indah. Info yang menarik lain adalah mengenaihewan purba di Indonesia.
 

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails