Latest News

Astronom NASA Menemukan Planet yang Bisa Dihuni

Selasa, 06 Desember 2011 , Posted by beye at 21.08



Planet Kepler-22b - Foto :NASA
GLOBAL TANGSEL -- Para astronom telah menemukan planet biru pertama yang bisa dihuni yang mengorbit di zona kehidupan pada sebuah bintang seperti Matahari.

Misi Kepler NASA telah menemukan dunia baru pada tahun lalu, namun ini kali pertama penemuan planet yang bisa dihuni di mana terlihat lebih besar dari bumi, planet berbatu dengan suhu permukaan sekitar 72 derajat Fahrenheit, seperti suhu musim semi di Bumi.
Tim peneliti akan mengumumkan penemuan ini dalam Astrophysical Journal, seperti dikutip dariDailyMail, Selasa (6/12/2011).
Tim penemu yang dipimpin oleh William Borucki dariNASA Ames Research Center, menggunakan data fotometrik dari teleskop ruang angkasa Kepler milik NASA, yang memantau kecerahan dari 155.000 bintang.
Planet seukuran Bumi yang mengorbit secara berkala melintas di depan bintangnya akan menyebabkan kedipan kecil dari cahaya bintang planet itu. Kedipan tersebut hanya bisa diukur oleh teleskop khusus luar angkasa seperti Kepler.


Penemuan ini adalah deteksi pertama dari dunia yang mungkin dihuni di orbit sekitar bintang seperti Matahari. Bintang induknya terletak sekitar 600 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang G5, bintang dari planet Kepler-22b, memiliki massa dan radius hanya sedikit lebih kecil daripada Matahari.

Planet ini mengorbit Bintang G5 dengan periode orbit selama 290 hari, bandingkan dengan periode orbit Bumi yang selama 365 hari, sedangkan jarak planet ini dengan bintangnya 15 persen lebih dekat dibanding jarak Bumi dengan Matahari.

Orbit planet ini berada di zona yang bisa dihuni, di mana air diharapkan ada pada permukaan planet.

"Penemuan ini mendukung keyakinan yang berkembang bahwa kita hidup di alam semesta yang penuh sesak dengan kehidupan," kata Alan Boss. (Agn)
 
http://globaltangsel.com/baca/217/astronom-nasa-temukan-planet-bisa-dihuni/

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails