Latest News

Manfaat Musik Menurut Riset

Rabu, 07 Desember 2011 , Posted by beye at 12.04

Musik memberikan banyak sekali manfaat bagi anak-anak di dalam setiap tahap perkembangan mereka. Dengan terlibat bersama musik, baik sebagai pendengar, penikmat, maupun dalam bentuk keterlibatan aktif dengan menyanyi, bergoyang, menari, atau mempelajari alat musik.
"musik dan anak"

Berikut manfaat musik menurut hasil penelitian sebagaimana dikutip oleh BBC:

Musik membantu perkembangan bicara
Menyanyikan lagu sederhana mengajarkan kepada anak-anak tentang bahasa. Demikian menurut Jessica Pitt dari the Pre-school Music Association. Melalui lagu, mereka belajar bagaimana kata diucapkan dan kalimat terbentuk. Proses belajar itu sangat alami karena berlangsung dengan cara menyenangkan. Lagu, musik, gerakan-gerakan yang mereka lakukan saat bernyanyi membantu mereka mempelajari bahasa.

Musik membantu anak-anak belajar matematika

Menurut Prof. Gordon Shaw dari the University of California, ketika anak-anak belajar irama musik (rhythm), mereka belajar mengenai rasio, pembagian dan proporsi.
Musik meningkatkan keterampilan sosial
Anak-anak yang belajar dan terlibat dengan musik mengembangkan kemampuan kohesi sosial yang lebih baik dan pemahaman terhadap diri dan oranglain yang bagus. Selain itu, aspek emosional pada musik memberikan manfaat besar untuk pengembangan keterampilan sosial, seperti empati.
Musik meningkatkan perkembangan intelektualitas
“Musik membantu meningkatkan kemampuan anak untuk berfikir abstrak dengan memperkuat pola penyambungan syaraf otak yang berhubungan dengan kognisi musik dan spasial,” kata Dr. Frances Rauscher dari the University of Wisconsin.
Musik meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berekspresi
Sebagai bahasa non-verbal, musik dapat menyampaikan kompleksitas emosi dan menawarkan bentuk ekspresi yang non-lisan yang sangat bermanfaat untuk anak-anak pemalu atau mereka yang sulit berkomunikasi dengan baik secara lisan.

kaskus.us

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Get paid To Promote at any Location
Related Posts with Thumbnails