Latest News

Inilah Terowongan Antar Negara yang Digunakan Untuk Menyelundupkan Narkoba

Kamis, 08 Desember 2011 , Posted by beye at 09.39



Pihak berwenang Meksiko menemukan sebuah terowongan sepanjang 600 meter di bawah perbatasan Amerika Serikat. Terowongan itu digunakan untuk menyelundupkan narkoba dari Meksiko ke Amerika Serikat.

Terowongan sedalam 4,5 meter itu ditemukan pada Selasa (29/11/2011), mirip dengan terowongan yang ditemukan pada 16 November lalu. Terowongan itu dilengkapi dengan penerangan dan kereta pengangkut. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan teknik kartel-kartel narkoba paling kuat di Meksiko.





“Terowongan itu ditemukan setelah kami mendapat informasi dari pihak berwenang Amerika Serikat,” kata kepala polisi Tijuana, Ricardo Garduno, seperti dikutip AFP, Kamis (1/12/2011). Ujung lain terowongan yang terletak dekat San Ysidro, California, ditemukan oleh polisi AS.

Aparat keamanan Meksiko yang ambil bagian dalam penyerbuan itu mengatakan, mereka menemukan tiga ton mariyuana di dalam terowongan itu.





Namun, beberapa jam kemudian pihak berwenang AS menyatakan mereka menyita 32 ton mariyuana yang nilainya mencapai 65 juta dollar AS.

Pihak Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE) menyebut temuan itu sebagai kemenangan besar atas kartel narkoba Meksiko yang bertanggung jawab atas penyelundupan besar-besaran narkoba dari Meksiko ke AS.

AFP melaporkan, mulut terowongan itu hanya berjarak sekitar 100 meter dari kantor polisi federal, pangkalan angkatan udara, dan bea cukai di Tijuana.

Pada 16 November lalu, aparat AS mengumumkan penemuan besar berupa terowongan narkoba di bawah perbatasan. Terowongan itu sepanjang 400 meter dan memiliki listrik dan sistem ventilasi.































okezone.com

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar disini...

Related Posts with Thumbnails